Kenapa Kode Part Itu Penting?
Di bengkel dengan ribuan jenis sparepart, kode part yang sistematis bisa:
Struktur Kode Part yang Disarankan
Format: [KATEGORI]-[MERK]-[NOMOR URUT]
Contoh:
Kategori yang Umum Digunakan
| Kode | Kategori | |
|
-| | OLI | Oli & Pelumas | | FLT | Filter (Oli, Udara, AC) | | BRK | Brake (Rem) | | SPK | Spark Plug (Busi) | | BLT | Belt (V-belt, Timing) | | BRG | Bearing | | SUS | Suspension | | ENG | Engine Parts | | ELC | Electrical | | BDY | Body Parts |
Kode Merk (3 Huruf)
| Kode | Merk | |
|
| | CAS | Castrol | | SHL | Shell | | DEN | Denso | | BND | Bendix | | NGK | NGK | | BOS | Bosch | | ORI | Original/Genuine | | AFT | Aftermarket |
Contoh Implementasi Lengkap
Oli Mesin
Filter
Tips Praktis
1. Konsisten - Sekali tentukan format, jangan berubah-ubah 2. Training staff - Pastikan semua paham sistem koding 3. Label fisik - Tempel label dengan kode di rak/laci 4. Backup di sistem - Jangan hanya di kertas/Excel 5. Review berkala - Hapus kode untuk barang discontinued
Integrasi dengan Sistem Digital
Kode part akan lebih powerful jika diintegrasikan dengan:
*Butuh sistem stok bengkel yang terintegrasi? Konsultasi gratis dengan Stokla*